Senin, 26 Oktober 2009

STOP BELAJAR TERUS-MENERUS !

SIMAK UI, UAN, UMB, dan teman-temannya itu emang sebentar lagi, tapi … kalian semua gak harus belajar terus-menerus.

Butuh faktanya ???

Sebelumnya, maaf ya.. kata-kata itu bukan berarti nyuruh kamu untuk males belajar. Tapi ngajak kalian semua untuk lebih sayang sama otak kita, dan gak bikin dia stop bekerja karena lelah.

Belajar itu emang penting banget, apalagi buat persiapan ujian-ujian yang tinggal kita tunggu kedatangannya. Tapi ternyata, ada sebuah fakta baru mengatakan kalau belajar secara terus-menerus itu gak baik, karena otak kita hanya dapat mengingat dengan mudah suatu informasi yang awal dan akhir dia terima. Jadi, lebih baik kita belajar sebentar-sebentar tapi sering. Dengan kata lain, kita harus memperbanyak jeda (tapi gak boleh kelamaan, ntar kesenengan jeda malah jadi gak belajar lagi, hhe3). 

Selain memperbanyak jeda, kita juga harus sering mengulang materi yang telah kita pelajari. Karena itu akan mempersering otak kita untuk melakukan proses mielinisasi sehingga proses mengingat dan menerapkan informasi semakin mudah.

Untuk kalian yang selama ini menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membaca atau mengerti sata bab materi ulangan, atau apalah itu yang sejenisnya, mungkin kalian harus merubah sedikit demi sedikit kebiasaan itu. Otak kita juga butuh refreshing dan istirahat…

Satu lagi, kalian yang selama ini belajar sambil dengerin musik, terusin aja, karena musik bisa membuat otak kita relaksasi dan siap konsentrasi, selain itu musik juga bisa menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Sedikit informasi tentang relaksasi otak, ternyata menonton TV bukan hal yang baik untuk relaksasi karena pada saat menonton TV, otak kita menjadi sibuk, fokus mental kita pun jadi tak terkendali. Membaca juga bukan metode relaksasi yang baik karena fokus mental ada pada halaman buku. Tidur juga bukan metode relaksasi karena selama tidur keadaan kita menjadi tidak terkontrol, apalagi jika kita memimpikan sesuatu yang buruk selama tidur, hal itu menyebabkan stress fisik dan emosional tanpa kita sadari..

novie.ocktavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar